-->

Buah Penurun Kolesterol

Buah Penurun Kolesterol - Tahukah Anda, kolesterol merupakan zat yang dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri selain pengaruh dari makanan. Kolesterol sendiri memang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel dan juga untuk fungsi lainnya. Jadi, kolesterol memang merupakan zat yang diperlukan tubuh.

Sumber: top1toto

Akan tetapi bila jumlahnya berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Biasanya hal ini disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Namun ada beberapa buah yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi kolesterol, berikut adalah buah yang dapat menurunkan kolesterol :

Buah Penurun Kolesterol

1. Apel

Apel sudah terbukti menjadi buah penurun kolesterol yang cukup mujarab. Beberapa penelitian sudah dilakukan dan cuka apel sudah terbukti mampu menggerus batu empedu. Cuka apel yang dicampur dengan minyak zaitun dapat meluruhkan batu empedu. Batu empedu terbentuk akibat penimbunan kolesterol yang terlalu banyak.

Selain itu, jika sebelum makan, Anda mengonsumsi buah apel dapat mengurangi kalori sekitar 185 kalori. Dengan begitu, jika ditotal, buah apel mampu membuang lemak sebanyak 0,68 kg atau 9,07 kg dalam setahun.

2. Delima

Buah merah yang memiliki bulir berwarna merah ini mampu menurunkan rasio kolesterol dalam tubuh. Penelitian delima dilakukan kepada para pasien DM tipe 3 yang juga mengidap hiperlipidemia. Pasien yang mengkonsumsi jus delima sebanyak 40 gram sehari selama delapan minggu mengalami perubahan yang signifikan. Rasio kolesterol, kolesterol LDL, rasio LDL atau HDL, dan rasio kolesterol total menurun.

Jus delima mampu menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung koroner, menurunkan tekanan darah pada hipertensi, serta penyakit berat lainnya. Melalui segelas jus delima yang dikonsumsi rutin selama beberapa hari, penyakit Anda bisa teratasi.

3. Jeruk bali

Jeruk bali yang jarang disukai karena menimbulkan sedikit rasa getir ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol. Penurunan kolesterol diawali dengan melancarkan keluarnya asam empedu ke usus dan membuangnya melalui kolesterol. Asam empedu tersebut dibuat dari kolesterol. Oleh karena itu, penurunan kadar asam empedu dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit yang disebabkan oleh penimbunan kolesterol.

4. Alpukat

Buah alpukat mampu mengatasi masalah yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Selain kolesterol, buah yang lezat dijadikan salad ini mampu menurunkan resiko hipertensi dan risiko penyakit jantung. Daging buahnya yang lembut juga dapat digunakan untuk membuat kulit lebih lembut, sejuk dan melindungi kulit dari proses penuaan.

0 Response to "Buah Penurun Kolesterol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel