-->

Manfaat Lemak Nabati Untuk Tubuh Kita

Manfaat Lemak Nabati Untuk Tubuh Kita - Sebagian orang sangat takut ketika mendengar kata lemak, karena akan mengakibatkan kegemukan pada tubuhnya, namun pada dasarnya tidak semua lemak yang ada di dalam tubuh adalah lemak jahat, ada juga lemak yang diperlukan oleh tubuh bahkan penting dalam tubuh manusia. Terdapat dua jenis lemak yang ada di dalam tubuh yaitu lemak nabati dan lemak hewani.

Manfaat Lemak Nabati
Sumber : https://ahli-pengetahuan.web.id/manfaat-lemak-nabati-bagi-tubuh/

Masih banyak orang yang tidak tahu apa itu lemak nabati dan apa fungsi lemak nabati bagi tubuh. Sebenarnya terdapat lemak-lemak yang diperlukan dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh atau mengatasi segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh manusia.

Lemak nabati ialah lemak yang dapat dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan lemak nabati, banyak anggapan negatif ketika mendengar kata lemak. Lemak nabati sebenarnya mengandung kandungan yang sangat berguna bagi tubuh, kandungan tersebut yaitu kolesterol yang cukup banyak kuantitasnya untuk kesehatan tubuh seseorang.

Tumbuhan yang dapat menghasilkan lemak nabati bagi tubuh manusia diantaranya adalah alpukat, kacang kedelai, kacang kenari, kacang macadamia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lemak nabati untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Pada Anak

Lemak nabati yang dihasilkan dari kacang macadamia dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak, digunakan sebagai antioksidan tubuh, selain itu juga dapat menguatkan tulang pada orang dewasa. Karena dalam kacang macadamia terdapat kandungan vitamin E, vitamin B kompleks serta mineral yang cukup tinggi.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol di Dalam Tubuh

Bagi para lansia atau orang yang memasuki usia-usia yang rentan akan penyakit, kolesterol merupakan penyakit yang mudah menyerang, namun tidak menutup kemungkinan usia muda pun dapat terserang penyakit kolesterol. Maka untuk mengurangi atau menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat diatasi dengan lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia.

Karena dalam kacang macadamia mengandung kolesterol yang baik, kolesterol yang baik tersebut dapat mengatasi dengan meningkatkan kolesterol baik/HDL yang ada dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat/LDL yang terdapat di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit kardiovaskuler.

3. Membantu Mencegah Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan gangguan yang terjadi pada jantung manusia. Biasanya penyakit ini menyerang seseorang yang telah memasuki usia dewasa akhir, namun tidak menutup kemungkinan menyerang usia remaja.

Penyebab penyakit jantung koroner dapat diakibatkan karena saluran pembuluh darah kapiler mengalami penyumbatan pada otot jantung yang diakibatkan oleh adanya kolesterol jahat yang ada didalam tubuh manusia. Dengan adanya lemak nabati di dalam tubuh maka mampu mencegah penyumbatan yang terjadi dengan adanya peningkatan kolesterol baik/HDL yang ada di dalam tubuh.

Itulah manfaat lemak nabati yang bersumber dari tumbuhan atau kacang-kacangan yang mengandung lemak nabati. Untuk mencegah terjadinya penyakit dan gangguan lain perlu dilakukan pola hidup yang sehat untuk menjaga hidup tetap sehat.

3 Responses to "Manfaat Lemak Nabati Untuk Tubuh Kita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel