-->

Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil - Tumbuhan bisa diklasifikasikan menurut sekian banyak macam dasar perbedaan. Jenis-jenis tanaman yang dikenal ini pun dapat bermacam-macam. Salah satu format perbedaan jenis tanaman yang dikenal ialah tumbuhan biji dikotil dan monokotil.

Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil
Sumber : https://ahli-pengetahuan.web.id/

Biji adalah alat perkembangbiakan yang diproduksi tanaman berbunga guna dapat menghasilkan keturunan baru. Biji ini didapatkan setelah terjadi pembuahan pada bunga, pembuahan dimulai dengan jatuhnya serbuk sari pada kepala putik dan terjadinya penyatuan gamet jantan dan gamet betina pada tumbuhan.

Masing-masing tanaman biji dikotil dan monokotil mempunyai ciri khasnya sendiri yang membedakan. Perbedaan tanaman dikotil dan monokotil ini dapat disaksikan dari perbedaan ciri jasmani yang ada pada keduanya. Dasar pembeda dari tanaman monokotil dan dikotil terletak pada jumlah bijinya.

Tumbuhan monokotil ialah tanaman berbiji satu atau dalam dalam bahasa latin dinamakan monocotyledonae. Sedangkan tanaman dikotil ialah tumbuhan berbiji ganda. Jika dalam bahasa latin, dinamakan sebagai dicotyledonae. Tumbuhan dikotil lazimnya ditemukan pada tumbuhan dengan subdivisi angiospermae, sebab jenis tumbuhan ini mempunyai format bunga yang sebenarnya.

1. Perbedaan Jumlah Keping Biji Tumbuhan

Jumlah keping biji atau kotiledon dari tanaman monokotil dan dikotil ini berbeda. Pada tanaman monokotil keping biji berjumlah satu buah, dan pada tanaman dikotil jumlah keping biji yang dipunyai ada dua buah.

2. Perbedaan Batang Tumbuhan

Pada tanaman monokotil, ada batang lembaga atau koleoptil. Batang lembaga ini tidak ditemukan pada dikotil. Di samping itu, perkembangan batang dan secara borongan dari tanaman monokotil tidak bisa berkembang membesar. Sedangkan untuk tanaman dikotil, batang dan ukuran borongan tanamannya dapat berkembang sampai membesar. Perbedaan lain, pada tanaman monokotil tidak mempunyai kambium, baik kambium pada akar maupun pada daunnya. Sedangkan untuk tanaman dikotil, ditemukan adanya kambium.

3. Perbedaan Akar Tumbuhan

Perbedaan tanaman biji monokotil dan dikotil dapat disaksikan jelas dari ciri fisiknya, yakni pada format akar. Akar pada tanaman monokotil memiliki sistem serabut, sementara akar tanaman dikotil memiliki akar tunggang. Di samping itu, pada akar tanaman monokotil ada kalipatra atau tudung akar. Sementara untuk tanaman dikotil tidak ditemukan adanya kaliptrogen yang menyusun tudung akar ini.

4. Perbedaan Jumlah Kelopak Bunga Tumbuhan

Jumlah kelopak bunga tanaman monokotil dan dikotil juga bertolak belakang dan ini menjadi karakteristik tersendiri. Pada tanaman monokotil, lazimnya mempunyai jumlah kelopak bunga dengan kelipatan tiga. Seperti tiga, enam, sembilan, dan seterusnya. Sementara pada tanaman dikotil, kelopak bunga yang dipunyai mempunyai jumlah kelipatan empat sampai lima.

5. Perbedaan Pola Tulang Daun Tumbuhan

Dilihat dari pola tulang daunnya, tanaman monokotil mempunyai tulang daun yang nampak jelas berbentuk melengkung atau dapat juga disebutkan sejajar. Bagi pola daun pada tanaman dikotil bentuknya lebih laksana menjari atau menyirip.

0 Response to "Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel