-->

Laut Terdalam di Indonesia

Laut Terdalam di Indonesia - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bumi mempunyai permukaan yang tertutup air dan tidak tertutup air. Permukaan yang tertutupi air biasanya kita sebut dengan samudera atau lautan. Permukaan bumi memang tidak rata, tidak hanya di daratan saja namun juga perairan. Dasar perairan yang tidak rata membuat perairan ada yang dalam dan dangkal. Hal inilah juga yang membuat laut di Indonesia ada yang dangkal, agak dalam dan sangat dalam.

Laut Terdalam di Indonesia

Adapun laut - laut di Indonesia yang dikategorikan sebagai laut terdalam diantaranya yaitu :

Laut Terdalam di Indonesia

1. Laut Sulawesi

Indonesia mempunyai banyak lautan, karena memang Indonesia merupakan negara kepulauan. Sehingga di sekitar pulau di Indonesia pastilah dikelilingi oleh laut. Laut-laut tersebut terkadang diberi nama yang sesuai dengan wilayah yang ada di dekatnya. Salah satunya adalah Laut Sulawesi yang berada di sekitaran pulau Sulawesi. Laut Sulawesi ini ada di sebelah barat Samudra Pasifik dan dibatasi oleh Kepulauan Sulu. Secara lebih lengkap atau detailnya, kita bisa melihat batas-batas dari Laut Sulawesi ini sebagai berikut:
  • Sebelah timur dibatasi oleh rantai Kepulauan Sangihe
  • Sebelah barat dibatasi oleh Pulau Kalimantan, Indonesia
  • Sebelah utara dibatasi oleh Kepulauan Sulu, Laut Sulu, dan Pulau Mindanao, Filipina
  • Sebelah selatan dibatasi oleh pulau Sulawesi

2. Laut Flores

Laut terdalam kedua di Indonesia selain laut Sulawesi adalah laut Flores. Flores terletak di sekitar pulau Flores, yakni daerah sekitar Nusa Tenggara. Selain itu lokasi Laut Flores inipun berada di sekitaran pulau Sulawesi, tepatnya di sebelah utara pulau Sulawesi tersebut. Laut Flores menjadi salah satu laut yang paling dalam di Indonesia, karena mempunyai titik terdalam yaitu mencapai 5,1 km.

3. Laut Arafura atau Arafuru

Laut ini berada di ujung wilayah Indonesia, yaitu di bagian tenggara. Laut Arafura atau Arafuru mempunyai lokasi yang diapit oleh benua Australia dan juga pulau Papua, sehingga masih dalam wilayah perbatasan Indonesia. Di sebelah barat Laut Arafuru kita akan menemukan berbagai laut lain yaitu Laut Banda (Kepulauan Maluku) dan juga Laut Timur. Laut Arafura sendiri mempunyai kedalaman yang bisa mencapai 3,6 km.

4. Laut Sawu

Laut terdalam selanjutnya adalah Laut Sawu yang masih terletak di Indonesia bagian timur. Laut Sawu merupakan lautan yang berada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur. Laut Sawu memiliki kedalaman yang mencapai 3,4 km. Di Sekitaran Laut Sawu, kita akan menemukan banyak pulau-pulau kecil dan juga menarik. Beberapa pulau yang ada di sekitaran Laut Sawu antara lain yaitu Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Timor, Pulau Rote dan juga Pulau Flores.

5. Laut Timor

Pulau Timor yang sangat terkenal akan keindahannya, ternyata ada Laut Timor yang juga terkenal karena kedalamannya. Laut Timor sendiri sebenarnya merupakan perpanjangan dari Samudera Hindia. Laut ini letaknya di antara Pulau Timor, tepatnya di perbatasan antara Indonesia, Timor Leste dan juga Teritorial utara dari Australia. Sementara di sebelah timur Laut Timor ini kita akan berjumpa dengan Laut Arafura atau Arafuru yang secara teknis merupakan perpanjangan dari Samudera Pasifik.

Laut Timor merupakan laut yang mempunyai luas hingga 480 km persegi atau sekitar 300 mil. Laut Timor juga merupakan salah satu laut yang memiliki palung laut atau jurang laut. Titik terdalam dari laut ini berada di Palung Timor di utara yang mana kedalamannya mencapai hingga 3,3 km atau sekitar 10.800 kaki. Meskipun sangat dalam di bagian palung ini, namun di bagian lainnya dari laut ini lebih dangkal yakni kurang dari 200 m atau 650 kaki. Laut Timor merupakan laut yang ekstrim. Mengapa? Hal ini karena laut Timor merupakan laut yang menjadi tempat utama terjadinya badai tropis dan topan.

0 Response to "Laut Terdalam di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel