-->

Tempat Paling Berangin di Dunia

Tempat Paling Berangin di Dunia - Sebagian besar badai akan menghasilkan angin kencang yang berbahaya dan merusak. Saat suatu badai mempunyai kecepatan angin yang mencapai 90 km/jam maka badai tersebut termasuk dalam kategori badai yang mengerikan.

Tempat Paling Berangin di Dunia

Namun walau begitu di beberapa tempat di dunia ini ada beberapa tempat yang mempunyai kecepatan angin yang bahkan lebih tinggi dari badai tersebut. Teluk di Antartika menurut The Guinness Book of World Records dan National Geographic Atlas tercatat sebagai salah satu tempat yang paling berangin di Bumi.

Bagaimana tidak angin kencang katabolik di Commonwealth Bay berdasarkan pantauan alat ukur kecepatan angin atau anemometer mencapai 160 km/jam. Selain tempat tersebut, berikut adalah beberapa tempat paling berangin di dunia :

Tempat Paling Berangin di Dunia

1. Wellington, Selandia Baru

Wellington, Selandia Baru pernah mencatat kecepatan angin tertingginya hingga mencapai 247 km/jam. Akan tetapi rata - rata kecepatan angin di “Windy Wellington” ini umumnya 43 km/jam. Selain itu Wellington juga pernah mengalami angin sangat kencang selama 233 hari dalam setahun.

2. Bridge Creek, Oklahoma

Radar doppler yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin di Bridge Creek pada tanggal 3 Mei 1999 pernah mencatat angin yang mencapai kecepatan lebih dari 480 km/jam di pinggiran Kota Oklahoma saat dilanda tornado. Walaupun tidak resmi, namun kecepatan angin tersebut tercatat sebagai kecepatan tertinggi yang diketahui dunia. Bahkan pada beberapa laporan kecepatan anginnya dapat mencapai 486 km per jam dan bahkan ada yang melaporkan mencapai 510 km per jam.

3. Gunung Washington, New Hampshire

Staf Observatorium Mount Washington pada tanggal 12 April 1934 pernah mencatat hembusan angin tercepat yang pernah ada di muka Bumi mencapai 370 km/jam. Rata - rata kecepatan angin di tempat ini setiap tahunnya sekitar 52 km/jam sepanjang tahun.

4. Pulau Barrow, Australia

Stasiun cuaca di Barrier Island pada tanggal 10 April 1996 pernah mencatat kecepatan angin tertingginya mencapai 407 km/jam. Angin tersebut terjadi akibat adanya Topan Olivia yang mengalahkan rekor dunia sebelumnya dipegang oleh Mount Washington.

5. Gunung Everest

Kecepatan angin laksana topan di pertengahan musim dingin, Gunung Everest pada Februari 2004 pernah mencapai 281 km/jam.

6. Cape Blanco, Oregon

Saat badai musim dingin di Cape Blanco kecepatan angin bisa menjadi sangat ekstrim hingga mencapai 112 - 160 km/jam, bahkan kecepatan tertinggi di tempat ini dapat mencapai hingga 204 km/jam.

7. Rio Gallegos, Argentina

Rio Gallegos mempunyai kecepatan angin rata - ratanya yang mencapai 48 km/jam dengan tertingginya hampir 100 km/jam dan dianggap sebagai tempat paling berangin di dunia.

8. Ab-Paran, Ghowr, Afghanistan

Kecepatan angin Ab-Paran, Ghowr di Afghanistan pada 2008 dilaporkan pernah mencapai kecepatan 330 km/jam.

9. Gruissan, Perancis

Angin Tramontane merupakan angin yang paling dominan di Gruissan, angin ini merupakan angin kencang dari barat laut negara tersebut. Sepanjang tahun angin di tempat ini mempunyai kecepatan sekitar 30 km/jam.

0 Response to "Tempat Paling Berangin di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel