-->

Mengetahui Kandungan Dalam Kunyit

Mengetahui Kandungan Dalam Kunyit - Kunyit merupakan salah satu bumbu masak yang banyak digunakan, selain digunakan sebagai bumbu masak ternyata kunyit juga mempunyai manfaat besar pada kesehatan tubuh kita. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit mengandung yang bersifat antiseptik, antibakteri dan antibiotik yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Dalam Kunyit

Bahkan sudah sejak lama kunyit digunakan dalam mengobati luka ringan, kudis, bisul bahkan kusta karena kandungan zat antibiotik topikal di dalam kunyit yang ampuh mencegah infeksi dan sepsis pada luka. Selain itu masalah kulit lainnya seperti jerawat, psoriasis, eksim dan kondisi kulit lainnya juga dapat diatasi menggunakan kunyit.

Kandungan zat antibiotik ini diketahui setelah para peneliti mengujinya menggunakan alat polarimeter. Alat ini mampu digunakan untuk mendeteksi kandungan zat antibiotik yang ada di dalam suatu bahan termasuk kunyit.

Dengan kandungannya tersebut selain dapat mengatasi masalah kulit juga dapat menghentikan rasa sakit dan pembengkakan, sekaligus dengan meningkatkan penyembuhan jaringan kulit yang rusak.

Kandungan senyawa kimia aktif yang disebut kurkumin pada kunyit membuat kunyit memiliki warna kuning-orange cerah yang khas pada kunyit. Selain memberikan warna yang khas, senyawa tersebut juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Hasil dari berbagai penelitian menemukan bahwa senyawa tersebut memiliki aktivitas antimikroba dan juga tidak hanya itu, namun senyawa tersebut juga efektif melawan bakteri, virus dan jamur.

Aktivitas antibakteri pada kurkumin menunjukkan bahwa senyawa kimia ini tak hanya membantu menghentikan infeksi, namun juga menghambat kemungkinan infeksi yang lebih parah. Senyawa kurkumin berfungsi sebagai penghalang dan mengubah mekanisme bakteri yang masuk ke dalam sel tubuh kita.

Sebuah studi yang dilakukan di India menjelaskan bagaimana kurkumin dapat membunuh bakteri dan dari hasil penelitian tersebut, kurkumin terbukti mampu membunuh semua bakteri (Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Enterococcus faecalis dan Pseudomonas aeruginosa) hanya dalam waktu sekitar 2 jam saja.

Jadi dengan banyaknya kandungan zat antibiotik di dalam kunyit membuatnya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Oleh karena itu jangan ragu lagi untuk menambahkan kunyit ke dalam bumbu masakan Anda.

1 Response to "Mengetahui Kandungan Dalam Kunyit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel