-->

Beginilah Proses Terjadinya Tornado Api

Beginilah Proses Terjadinya Tornado Api - Angin tornado merupakan salah satu fenomena alam yang unik namun mengerikan, di Indonesia sendiri peristiwa alam ini disebut dengan angin puting beliung.

Proses Terjadinya Tornado Api

Tornado sendiri merupakan kolom udara berbentuk corong yang berputar merentang dari ketinggian badai hingga menyentuh tanah serta membawa puing - puing serta kotoran yang terhisap ke dalamnya. Peristiwa tornado biasanya disertai dengan angin kencang, petir dan awan.

Namun Anda juga tentunya pernah mendengar tentang tornado api, fenomena alam ini merupakan perpaduan dua unsur yang sangat mematikan yakni Tornado dan Api yang tentunya akan menimbulkan dampak buruk bagi daerah yang dilaluinya.

1. Apa itu Tornado Api ? 

Seperti yang sudah disebutkan tadi tornado api merupakan tornado atau pusaran angin yang disertai dengan api yang dibawa dari daerah yang sedang terbakar. Tornado api dapat mencapai suhu 1.000 derajat celcius yang panasnya tentu akan sangat mampu melelehkan besi dan benda - benda yang terhisap ke dalamnya. Benda yang terhisap dan tergulung ke dalamnya tentu akan dibakar habis hingga menjadi debu oleh tornado api.

2. Bagaimana Tornado Api Terjadi ?

Peristiwa alam tornado api terjadi pada daratan kering dengan cuaca panas yang dapat menimbulkan kebakaran seperti halnya di kawasan padang rumput atau hutan yang mengalami kekeringan panjang atau sedang terbakar, selain itu dapat terjadi juga di sekitar bangunan yang sedang terbakar.

3. Proses Terjadinya Tornado Api

Tornado api dapat terjadi karena udara diatas lahan yang terbakar ini akan memanas dan bergerak ke atas dan menyebabkan udara yang lebih dingin dari daerah disekitarnya akan berebut masuk mengisi udara yang kosong. Sementara itu angin yang panas terus - menerus didaur ulang juga terus bergerak ke atas dalam kecepatan yang mengagumkan.

Angin yang menuju ke atas dapat mencapai suatu titik pemicu yang dapat memunculkan badai api yang akan menyedot api kebakaran pada daerah tersebut bersama dengan rumah - rumah mobil dan benda - benda lainnya yang berada di atas tanah karena angin panas ini.

Api yang tersedot dalam tornado ini akan membakar semua benda yang ikut tersedot pula ke dalam angin tornado sehingga menciptakan api yang sangat panas. Tornado api juga sangat sulit untuk dipadamkan karena terus bergerak dan juga sangat membahayakan bila didekati.

Kita hanya dapat menghindarinya dan menunggu hingga semua udara tersedot habis untuk membakarnya yang bila telah selesai akan menyisahkan hutan hitam bekas terbakar. Selain sangat sulit dipadamkan, tornado api juga sulit untuk diprediksi bahkan menggunakan citra satelit cuaca maupun alat pengukur cuaca atau weather station.

Mungkin terjadinya angin tornado dapat diprediksikan sebelumnya, namun apakah tornado itu disertai api masih belum dapat diketahui. Salah satu hal berbahaya lainnya adalah saat tornado api dengan suhu yang sangat tinggi tersebut menyedot besi - besi yang ada di sekitarnya dan kemudian melemparkannya ke daerah sekitarnya.

Besi yang panas atau bahkan dapat meleleh ini tentu akan membahayakan semua makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Tornado api tertinggi dapat mencapai 30 meter lengan apinya, jadi dapat disimpulkan bahwa tornado api dapat terjadi karena ada angin tornado yang membawa api kebakaran dari daerah sekitarnya.

0 Response to "Beginilah Proses Terjadinya Tornado Api"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel