-->

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan - Peningkatan resiko kesehatan dapat disebabkan oleh kualitas makanan yang buruk. Menurut WHO menyatakan bahwa diet yang dilakukan secara tidak sehat dapat beresiko terjadinya penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dll. Kualitas makanan tidak hanya dilihat dari jenis makanan yang dikonsumsi, akan tetapi dilihat juga dari cara penyajian makanan tersebut.

Khasiat Minyak Zaitun

Pencegahan mengenai peningkatan resiko kesehatan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki kualitas makanan salah satunya yaitu perubahan kecil berupa cara penyajian makanan yang sehat. Bentuk dari perubahan tersebut dapat anda lakukan dengan menggunakan minyak goreng yang sehat. Minyak zaitun salah satu jenis minyak yang sehat untuk memasak.

Penggunaan minyak zaitun menjadi fenomena global yaitu sekitar 2.803 ribu ton. Menggoreng merupakan suatu bagian dari masakan Indonesia, dengan menggunakan minyak zaitun anda dapat menikmati makanan sehat dan lezat sebagai bentuk rasa kasih sayang dan kepedulian anda pada kesehatan pribadi dan orang tercinta. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat anda rasakan ketika menggunakan minyak zaitun dalam proses memasak, antara lain :

1. Lebih Sehat

Minyak zaitun terbuat dar bahan nabati yang memiliki kandungan lemak jenuh rendah. Menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa minyak zaitun berfungsi untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan stroke. Selain itu minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes dan menjaga sel otak dari kerusakan.

Kandungan antioksidan, vitamin E dan vitamin K dalam minyak zaitun akan menjaga kesehatan tubuh anda. Penelitian lain juga menjelaskan bahwa apabila minyak zaitun digunakan dalam masakan maka daya serap kalsium di dalam tulang akan meningkat.

2. Lebih Lezat

Kandungan cold pressed yang terdapat di dalam ekstraksi buah zaitun menghasilkan rasa masakan menjadi tajam dan beraroma khas, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi rasa lezat pada makanan.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Minyak zaitun lebih ramah lingkungan karena dapat dijadikan sebagai alternatif dari substitusi minyak sawit yang produksinya sudah masif.

Minyak zaitun memiliki beberapa jenis, dimana sampai saat ini para ahli kuliner masih melakukan sebuah riset untuk menentukan jenis minyak zaitun yang paling aman untuk digunakan memasak. Berikut ini beberapa jenis minyak zaitun dan kegunaannya :
  • Zaitun extra virgin. Extra virgin olive oil merupakan jenis pertama yang diperoleh dari perasan buah zaitun. Jenis ini tidak dianjurkan untuk memasak, selain saus salad. Hal tersebut dikarenakan rasa kuat yang dapat menimbulkan rasa yang kurang pas pada makanan.
  • Zaitun virgin olive oil. Jenis minyak zaitun yang kedua dapat digunakan untuk keperluan memasak karena kekuatan rasa yang dihasilkan tidak terlalu tajam dari yang sebelumnya. Jenis minyak zaitun virgin olive oil dapat menghasilkan rasa yang lezat dan memiliki harga yang ekonomis.
  • Zaitun pure olive oil. Zaitun pure olive oil merupakan jenis minyak zaitun yang memiliki kekuatan rasa yang paling rendah karena telah melalui proses pengenceran dengan penambahan bahan lain.

0 Response to "Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel