-->

Perbedaan Densitas dan Viskositas

Perbedaan Densitas dan Viskositas - Densitas dan viskositas merupakan suatu kondisi yang dialami oleh zat baik zat padat, cair dan gas dan ketiga zat tersebut memiliki densitas dan viskositasnya masing - masing. Densitas disini didapat dari pengukuran massa setiap satuan volume benda, sedangkan viskositas didapat dari pengukuran antara ketahanan fluida yang diubah baik dengan tekanan maupun tegangan. Untuk lebih jelasnya densitas adalah massa jenis, sedangkan viskositas adalah kekentalan, untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasannya :

Perbedaan Densitas dan Viskositas

1. Densitas atau massa jenis

Densitas atau massa jenis setiap benda padat, benda cair dan benda gas pastilah memilikinya. Densitas / massa jenis menyatakan ukuran massa atau berat suatu benda terhadap volume dari benda tersebut, contoh dari massa ini adalah berat badan kamu, sedangkan volume adalah kapasitas seberapa banyak ruang yang dibutuhkan untuk berat suatu benda tersebut.

Contoh lainnya 100 kg besi dan 100 kg kapas dimana secara berat mereka memiliki berat yang sama yaitu 100 kg. Akan tetapi saat kita akan membawa keduanya ke suatu tempat pastilah ruang yang dibutuhkan kapas akan jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan ruang yang dibutuhkan besi. Hal inilah yang disebut sebagai volume, pada berat yang sama kapas dan besi maka kapas akan memiliki volume yang besar bila dibandingkan dengan besi akibat dari perbedaan massa jenis kapas terhadap massa jenis besi. Anda dapat mengukur densitas ini menggunakan alat Piknometer (Densitas Cair) dan Densitometer.

2. Viskositas (Kekentalan)

Arti dari viskositas bukan kekentalan, namun viskositas ini memiliki hubungan yang erat dengan kekentalan, viskositas merupakan kondisi yang hanya terdapat pada fluida. Fluida merupakan suatu zat yang mengalir seperti air sungai, pompa udara. Bila diartikan secara harfiah viskositas adalah resistensi satu lapisan untuk meluncur (sliding) diatas lapisan lainnya. Dengan demikian, viskositas berhubungan langsung dengan besarnya friksi dan tegangan geser yang terjadi pada partikel - partikel fluida.

Perbedaan Densitas dan Viskositas

Contoh :

Air dan Madu, bila kedua cairan ini kita alirkan dari atas ke bawah. Mana yang akan sampai duluan ke bawah? Pasti air bukan. Hal ini disebabkan karena air memiliki viskositas yang lebih kecil bila dibandingkan dengan madu yang memiliki viskositas yang tinggi. Air dalam sistem ini disebut inviscid, sedangkan madu disebut viscous.

Viskositas akan menghasilkan gradien kecepatan. Semua fluida memiliki nilai viskositas berapapun kecilnya. Kondisi viskositas ini sangat berarti bagi pendesainan model pompa agar cocok dalam memindahkan fluida yang viscous atau inviscid. Satuan dari viskositas adalah cP (centipoise) akan wowcang bahas di lain hari. Alat yang digunakan untuk mengukur viskositas adalah viscometer (Fluida Cair).

0 Response to "Perbedaan Densitas dan Viskositas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel