-->

Besi Tulangan Beton

Besi Tulangan Beton - Besi tulangan beton atau baja tulangan beton merupakan jenis besi yang banyak ditemukan dalam konstruksi bangunan. Beton yang menggunakan besi atau baja di dalamnya maka disebut dengan beton bertulang, sedangkan yang tidak menggunakan adalah beton tidak bertulang. Tulangan beton banyak diaplikasikan pada pembuatan jalan beton, pembangunan jembatan, pembangunan gedung, dll.

Besi Tulangan Beton

Sifat Paling Mendasar Dari Beton (Beton Bertulang)

Beton tak bertulang mempunyai daya tahan yang baik terhadap tekanan, namun sangat lemah terhadap tarikan dan lenturan. Bahkan dalam perhitungannya, kekuatan tarikan beton tak bertulang diabaikan yang berarti beton tak bertulang tidak memiliki kekuatan tarik dan hanya memiliki kekuatan tekan saja. Sedangkan besi tulangan / baja tulangan beton merupakan material yang sangat kuat terhadap tarik maupun lentur.

Walau begitu dengan ukuran besi beton yang ada, beton bertulang akan sangat lemah terhadap tekanan. Seiring perkembangan zaman, kedua jenis beton ini mulai dilakukan inovasi agar keunggulan kedua beton tersebut dapat disatukan. Itu artinya beton mempunyai daya tekan yang baik dengan daya tarik yang baik pula.

Besi Tulangan Beton

Faktor yang mempengaruhi lekatan antara besi beton dan beton :

Bentuk dan Tegangan Leleh Besi Beton

Bentuk besi beton yang semakin kasar maka lekatan antara besi beton dan beton semakin baik. Besi beton kasar yang dimaksud disini adalah besi beton bersirip (deform) yang pada pengaplikasiannya besi beton bersirip tentu akan lebih baik dibandingkan yang tidak bersirip.

Sedangkan tegangan leleh beton disebut dengan kekuatan besi beton yang dinyatakan dengan satuan Mpa. Besi beton ini mempunyai 2 jenis yaitu Baja Tulangan Polos (BJTP) yang mempunyai tegangan leleh sekitar 240 Mpa dan Baja Tulangan Deform (BJTD) yang mempunyai tegangan leleh sekitar 400 Mpa.

Mutu Beton

Dengan mutu beton yang semakin baik maka bangunan juga akan mempunyai daya tekan dan tarik yang semakin baik. Anda dapat mengetahui kuat tekan dan tarik beton menggunakan alat ukur kekerasan atau Hardness Tester. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap keamanan bangunan dan daya tahan bangunan.

0 Response to "Besi Tulangan Beton"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel