-->

Manfaat Keringat Bagi Tubuh

Manfaat Keringat Bagi Tubuh - Seringkali orang merasa tidak nyaman dengan keringat, terutama bagi mereka yang dituntut untuk terus tampil rapi. Namun nyatanya apabila kita melakukan aktivitas yang sedikit berat maka tubuh akan berkeringat. Misalnya saat berolahraga atau makan makanan yang pedas dan juga panas.

Manfaat Keringat Bagi Tubuh

Keringat merupakan salah satu mekanisme tubuh yang bertujuan untuk membuat tubuh tetap tenang. Dengan berkeringat akan membuka pori - pori yang tersumbat dan akan membuat kulit selalu terlihat cantik. Keringat dipengaruhi oleh dua jenis kelenjar yaitu apocrine dan juga eccrine.

Kelenjar apocrine berfungsi melepaskan keringat yang merupakan respons pada saraf. Keringat yang keluar dari dalam tubuh mengandung protein dan juga asam lemak. Sedangkan kelenjar eccrine berfungsi untuk memicu keringat, supaya suhu inti dapat terjaga. Selama proses berkeringat, pori-pori tubuh akan terbuka sehingga keringat dapat keluar ke permukaan kulit.

Manfaat Keringat Bagi Tubuh

1. Membuang racun pada tubuh

Keringat bermanfaat untuk membuang racun yang ada didalam tubuh. Keringat dapat membuang berbagai zat yang tidak baik dari tubuh, seperti alkohol, kolesterol, dan juga garam. Keringat juga bisa menjadi cara yang potensial untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Para peneliti menyatakan keringat dapat menjadi metode untuk memantau racun dalam tubuh kita.

2. Mendorong hormon bahagia

Berkeringat juga dapat mendorong hormon bahagia saat berkeringat setelah berolahraga. Gerak badan dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Hormon tersebut akan dilepaskan oleh tubuh ketika melakukan suatu aktivitas fisik. Hormon tersebut dapat memperbaiki suasana hati dan akan menurunkan stres secara alami.

3. Mempercantik kulit

Saat kita berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar melalui pori-pori kulit. Dengan cara ini, kotoran yang tersangkut di dalam kulit akan keluar bersama dengan keringat, sehingga pori-pori di kulit menjadi bersih.

Hal tersebut dapat terjadi jika kamu tidak berkeringat secara berlebihan. Karena ketika seseorang berkeringat secara berlebihan (hiperhidrosis), akan memicu jamur tumbuh di kulit. Hindarilah minum minuman yang mengandung kafein, karena bisa memicu keringat berlebih.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat berkeringat, tubuh akan mengalami peningkatan detak jantung. Hal ini akan sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Begitu juga dengan wajah, berkeringat akan membuang racun dan membuat kulit lebih sehat.

5. Menurunkan hormon kortisol

Saat Anda mengeluarkan banyak keringat, ini dapat membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan lebih bertenaga ketika bangun tidur. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih segar, kadar hormon kortisol yang seimbang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

6. Mengurangi risiko batu ginjal

Dengan berkeringat, maka akan mengurangi risiko terkena batu ginjal. Hal ini dapat terjadi karena keringat merupakan cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dari dalam tubuh dan mempertahankan kalsium pada tulang. Dengan berkeringat, kita akan membatasi akumulasi garam dan kalsium yang ada pada ginjal dan urine yang merupakan penyebab batu ginjal.

0 Response to "Manfaat Keringat Bagi Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel