-->

Sumber Protein Nabati

Sumber Protein Nabati dapat diperoleh dengan mudah di sekitar kita. Beberapa makanan yang baik dijadikan sumber protein nabati, diantaranya yaitu :

Sumber Protein Nabati

Sumber Protein Nabati

  • Kacang - kacangan

Sumber protein nabati pertama yang paling populer dan sangat mudah diperoleh adalah kacang-kacangan. Sumber protein jenis kacang - kacangan mempunyai banyak variasi dan mudah dalam pengolahannya. Kandungan protein yang ada di dalam kacang-kacangan juga termasuk tinggi. Dalam secangkir kacang kedelai yang telah dimasak, setidaknya terdapat 20 hingga 25 gram protein. Sementara itu di dalam secangkir kacang merah, kacang hitam atau buncis, setidaknya terdapat 13 hingga 15 gram protein.
  • Tahu

Sumber protein nabati lainnya yang dapat menjadi pilihan yaitu tahu yang terbuat dari kacang kedelai. Sekitar 120 gram tahu, mengandung sekitar 10 gram protein. Selain mudah diperoleh, tahu juga sangat mudah untuk diolah ke dalam makanan dan dapat dikonsumsi kapan saja.
  • Tempe

Bagi para vegetarian, tempe adalah sumber protein yang sangat penting. Dari secangkir tempe setidaknya terdapat 30 gram protein. Tempe juga merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium dan juga zat besi.
  • Roti gandum

Sumber protein nabati yang juga mudah diperoleh selanjutnya yaitu roti gandum. Biasanya, roti yang mempunyai rasa lezat ini dikonsumsi pada saat sarapan. Dalam dua potong roti gandum, setidaknya terdapat 10 gram protein.

Berbagai Keunggulan Protein Nabati

Daging merah memang mengandung protein yang sangat tinggi, namun asupan protein hewani jenis ini harus dibatasi. Mengkonsumsi daging merah erlalu banyak dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta kematian dini. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi protein nabati lebih menguntungkan.

Keunggulan mengkonsumsi protein nabati bagi kesehatan tubuh, termasuk :

1. Menurunkan tekanan darah

Protein nabati kaya akan asam glutamat. Ini merupakan salah satu jenis asam amino. Menurut penelitian, senyawa asam glutamat dapat menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi protein nabati yang mampu menurunkan tekanan darah dapat dilakukan dengan cara diet rendah garam serta memperbanyak sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Mendukung kesehatan jantung

Protein yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah akan bermanfaat pula untuk kesehatan jantung. Jadi jantung akan berkontraksi lebih rendah saat tubuh kita bangun maupun istirahat dengan mengkonsumsi protein. Karenanya resiko penyakit stroke dan penyakit jantung koroner dapat diturunkan.

3. Menekan risiko diabetes tipe 2

Para penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi sumber protein nabati sebanyak 3 kali setiap minggu maka kadar gula darah dan kolesterol akan menurun bila dibandingkan dengan mengkonsumsi 2 porsi protein hewani.

4. Menjaga berat badan tetap stabil

Pola makan yang banyak mengkonsumsi protein nabati dapat membantu mengendalikan berat badan, karena membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan selama 20 tahun dengan melibatkan ribuan responden. Sumber protein nabati yang disarankan mencakup kacang-kacangan dan juga bijian-bijian.

0 Response to "Sumber Protein Nabati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel