-->

Gula Semut

Gula Semut lebih praktis - Gula adalah salah satu kebutuhan manusia. Gula ada dua macam, yang pertama adalah gula pasir. Gula pasir adalah gula yang dibuat dari sari tebu yang dikristalkan menjadi serbuk serbuk semacam pasir. Macam macam gula yang kedua adalah gula merah. Gula merah terbuat dari air nira kelapa maupun nira pohon aren.
​​
Gula Semut

Gula merah diproses dengan cara dipanaskan menggunakan api dalam tungku, pemanasan terus berlangsung hingga air nira mengental dan berwarna kecoklatan. Setelah berwarna kecoklatan gula yang sudah kental akan diangkat dari tungku, lalu aduk sampai cairan menjadi lebih kental dan teksturnya yang lebih padat.

Sekarang gula merah mempunyai dua macam pengolahan. Yang pertama adalah gula merah yang dicetak. Pengolahan ini telah dilakukan sejak lama, prosesnya yaitu gula yang sudah diangkat dari tungku dan diaduk akan dicetak menggunakan cetakan batok kelapa ataupun menggunakan bumbung bambu yang sudah dipotong menjadi bagian lingkaran dengan tinggi beberapa cm.

Gula Semut lebih praktis

Gula akan ditata dalam daun palma dan siap untuk dipasarkan. Kualitas gula merah yang baik memiliki tekstur yang padat dengan warna lebih terang yaitu coklat kekuningan, gula merah yang memiliki warna pekat memiliki kualitas yang rendah. Biasanya gula merah ini digunakan untuk membuat kecap.

Macam kedua dari gula merah adalah gula semut, namun banyak yang menyebut sebagai gula kristal. Gula ini baru beredar sekitar pada tahun 2016 lalu. Banyak masyarakat yang mulai membuat gula ini, karena harga jual yang terbilang lebih mahal dibanding gula merah biasa. Pembuatannya pun tergolong mudah, namun membutuhkan tenaga yang ekstra.

Nira yang sudah dimasak dan diaduk, dibiarkan mengering lalu digosok menggunakan batok kelapa yang sudah dilubangi seperempatnya, setelah itu gula akan terus digosok hingga menjadi serbuk halus, setelah itu baru diayak menggunakan ayakan halus. Gula semut lebih praktis dalam penggunaannya, namun rasa gula semut tidak semanis gula merah biasa. Gula semut juga memiliki rasa lain yaitu gula semut jahe.

Gula semut yang dibuat akan dijual ke pengepul yang akan di transfer lagi ke berbagai macam wilayah dan untuk membuat suatu produk tertentu. Biasanya pengepul akan memfilter gula semut dengan menggunakan alat uji kadar brix, jika gula semut menggunakan campuran bahan kimia, maka gula akan dikembalikan kepada si produsen.

0 Response to "Gula Semut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel